OCTAPOT

OCTAPOT

Ketika kita menyebut seseorang sebagai orang “pandai”, apa yang ada dalam benakmu? Apakah kamu langsung menuju kepada gambaran orang yang jenius dalam berhitung, ahli menyelesaikan rumus matematika atau perhitungan fisik-kimia?

Kesalahpahaman inilah yang ditangkap oleh Howard Gardner. Di tahun 1983 ia menemukan kenyataan bahwa sebenarnya manusia memiliki berbagai macam jenis kepandaian dan urusan matematis dan keahlian logika hanyalah satu diantara beberapa jenis kepandaian yang ada.

Itu sebabnya kemudian muncul istilah, “tidak ada istilah orang bodoh”. Karena setiap orang memiliki kepandaian di bidang yang berbeda-beda. Maka kemudian dikembangkanlah konsep Kecerdasan Majemuk atau Multiple Intelligence yang menunjukkan adanya 8 macam kecerdasan / kepandaian yang bisa dimiliki oleh seseorang.


TUJUAN TES

Tes Octapot (kepanjangan dari Octa Potential) ini bertujuan untuk memetakan jenis kecerdasan / kepandaian apa yang dominan ada di dalam dirimu diantara 8 kecerdasan yang diungkapkan Howard Gardner.


MANFAAT TES

  • Melalui tes ini, kita akan mengetahui apa saja kecerdasan / kepandaian yang lebih dominan dalam diri kita.
  • Seberapa besar masing-masing kadar kecerdasan yang ada.
  • Dengan mengetahui apa kecerdasan dominan kita, maka kita bisa menggunakannya untuk memaksimalkan produktifitas kita, baik dalam bekerja, membangun hubungan, dsb.

    CONTOH DIAGRAM HASIL TES


SPESIFIKASI TES

Jumlah pertanyaan: 40
Waktu yang dibutuhkan: 15-25 menit